Tentang Sekolah Rakyat KAMI

Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Pendidikan untuk semua. Inilah yang menjadi dasar didirikannya Sekolah Rakyat Kami. Bergerak pada isu pendidikan Alternatif, sekolah Rakyat KAMI (Komunitas Anak Miskin) mendampingi anak-anak pemulung yang terletak di pintu nol Politeknik Negeri Ujung Pandang atau belakang workshop Unhas (pemukiman pemulung). Sejak didirikannya pada tahun 2007 sampai hari ini, sekitar 30an anak pemulung dengan rutin bermain dan belajar bersama disebuah gubuk kecil, usang, namun nyaman yang sering kami sebut dengan nama Sekolah. Karena di Sekolah rakyat KAMI, tidak ada sekat formal yang membatasi anak untuk berlajar

Minggu, 01 Juli 2012

kelinci...


“Kelinci itu telah disemayamkan. Semoga arwah dan segala amal perbuatan kehewanannya  di terima di sisi-Nya.”

Sabtu, 23 Juni 2012

Ada yang heran di Sekolah, ketika kulihat ada setumpuk tanah pasir menggembung di atas tanah subur dekat sekolah. Jaraknya kurang lebih hanya  20 langkah kaki orang dewasa. Menggunung dengan pagar di sekelilingnya dan spoons bekas sebagai atap.
Sebenarnya, lebih mirip hotel atau rumah daripada kuburan. Teman-teman kecil membuatnya, untuk kelinci Rezky yang mati. Begitu pedulinya, sampai-sampai menyerupai rumah. Haha. Itulah anak-anak, imajinasi yang murni dan masih diluar kepala. Apapun dibuat asalkan sedap di mata mereka. 

S : Sudahko kasih doa itu kelincimu rezky?
R : Sudah kak
S : Bagus boy .

Minggu, 24 Juni 2012

Hotel itu hanya mampu bertahan beberapa hari saja, tak ku lihat bangunan itu esoknya. Tak ada gempa, banjir atau puting beliung. Kemana ini makam ?  Sudah ‘jeglong’ tak menggunung lagi. Atap pun tak ada kulihat. Semoga batang kelinci baik-baik saja.

S :  Ariel, kemana kelincinya?
      Kenapa jadi begini, kodong ?
A : ndak ada kak.
S : Kau kasik kemana itu kelinci
A : Ndak ada kak.
     Di sungai, kugali, kuambil, lalu kubuang ke sungai
     (menyeringai tersenyum polos)

Tidak tahulah, saya jalan pikiran mereka. Imajinasi dengan tangan yang berlebihan membuat itu kelinci terseret air. Semoga baik-baik kelinci Rezky. :)

* Sekolah KAMI note's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar